Peluang Usaha Kroto yang menjanjikan

Peluang Usaha Kroto yang menjanjikan. Kroto sudah tidak asing lagi. Ia merupakan pakan ternak terutama untuk burung dan ikan hias.Peluang usaha kroto terbilang menjanjikan, pasalnya Melihat kenyataan di pasaran, usaha budidaya kroto bisa menjadi alternatif usaha. Hal ini dipengaruhi mahalnya harga kroto dimana per 1 kilogramnya bisa mencapai Rp 70.000 – Rp 90.000 di tingkat pengepul. Padahal jika dalam kondisi normal, produktivitas telur semut mampu menghasilkan kroto antara 0,5 – 1 ons tiap toples/botol setiap 15 – 20 hari. Dengan demikian berarti, dalam budidaya semut bisa menghasilkan kroto siap jual setiap 15 – 20 hari sekali.


Bagaimana cara budidaya Kroto sebagai Peluang Usaha?

Kroto bisa dibudidayakan dalam toples. Cara ini terbilang paling mudah untuk membudidayakan pakan ternak ini. Selain tidak membutuhkan tempat yang besar dan luas, budidaya kroto metode ini tidak membutuhkan lahan dan dapat dilakukan perumahan dan kota.

Seluk Beluk Peluang Usaha Kroto

Sebelum beternak atau budidaya kroto kita harus mengetahui dulu seluk beluk tentang semut rangrang atau kroto. Berikut ini penjelasannya. Di alam bebas, sarang semut rangrang dihuni oleh:
  1. Ratu semut yang memiliki warna hijau muda kemerah-merahan yang bertugas menghasilkan telur.
  2. Semut pejantan yang bertugas mengawini ratu agar telurnya bisa menetas untuk memperbesar koloni.
  3. Semut pekerja besar yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan yang bertugas untuk mencari pakan, mempertahankan dan mengelola sarang, dan memperbesar koloni.
  4. Semut pekerja kecil yang bertugas merawat dan mengasuh semut-semut muda.

Tidak seperti manusia, semut rangrang tidak mengumpulkan pakan dalam sarangnya, tetapi mencari pakan langsung dari alam bebas dengan cara memerah cairan manis dari kutu-kutuan atau larva kupu-kupu, yang selanjutnya diangkut ke dalam sarang untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota koloni di dalam sarang.

Tips Cara Budidaya Kroto

Cara budidaya kroto memang membutuhkan kesabaran, terlihat mudah namun jika tidak digeluti dengan benar maka tidak akan menghasilkan kroto yang maksimal. Seperti halnya budidaya jambu kristal, bisnis kroto juga sangat menjanjikan. Kebutuhan pakan burung dan ternak menjadi salah satu penyebabnya. 

sumber: dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates: